Virtual Job Fair UNP bersama TEC

Pada rangkaian acara Virtual Job Fair UNP yang diinisiasi oleh UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (UPT PKK UNP), Kamis-Sabtu, 8 -10 April 2021, berbagai kegiatan dilaksanakan. Dalam kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini, narasumber dari berbagai kalangan pun turut dihadirkan untuk memberikan informasi di bidangnya masing-masing, tak terkecuali informasi tentang beasiswa bersama Taiwan Education Center (TEC). Diskusi bersama TEC adalah bentuk kerja sama yang dilakukan antara UPT Layanan Internasional UNP dengan TEC itu sendiri.

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Tirta Efendi, Kepala TEC Jakarta, ada tiga informasi penting antara lain: Mengapa harus belajar di Taiwan; Mempersiapkan rencana studi di Taiwan; dan Beasiswa pemerintah Taiwan.

Beberapa alasan mengapa memilih Taiwan adalah karena fasilitas akademik dan riset setara dengan Amerika dan Eropa, pengalaman lintas budaya, masyarakat yang ramah dan familiar dengan bahasa Inggris, peluang kerja yang luas di Taiwan, fasilitas transportasi yang cepat dan mudah, serta adanya asrama bagi mahasiswa internasional. “Kualitas pendidikan di Taiwan sangat tinggi dan setara dengan negara-negara maju,” ungkap Tirta.

Mempersiapkan rencana studi adalah langkah kedua yang harus dilakukan bagi mahasiswa yang akan melanjutkan studi di negara Formosa ini. Dalam satu tahun ada dua kali penerimaan mahasiswa baru yaitu pada Fall Semester (September – Januari) dan Spring Semester (Februari-Juni). “Pendaftaran dilakukan secara online dan mandiri ke unviersitas yang dipilih,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa terkait dengan informasi mengenai universitas dan program apa saja yang ada di Taiwan bisa diakses pada www.studyintaiwan.org. 

Mengakhiri pemaparannya, Tirta menekankan tingginya kualitas pendidikan di Taiwan. “Hal ini bisa dilihat dari 12 universitas di Taiwan masuk dalam Top 100 Universitas di Asia berdasarkan World University Rankings,” tutupnya.

Menurut Kepala Layanan Internasional UNP, Rusnardi Rahmat Putra, Ph.D, dengan adanya pemaparan informasi dari TEC, diharapkan semakin banyaknya mahasiswa, staf dan dosen UNP bisa melanjutkan studi ke Taiwan. “Hal ini tentunya akan berdampak pada peningkatan kualitas SDM di UNP untuk menuju Universitas Unggul di Asia,” ungkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>